Minggu, 17 Februari 2013

Mengelola Sebuah Biro Perjalanan Wisata yang Baik


Oleh: Rahmadhani, M.Bus

  1. Mengelola bisnis biro perjalanan wisata menjadi salah satu bisnis yang memiliki prospek yang baik di masa akan datang, walaupun bisnis ini juga sedang menghadapi berbagai tekanan baik secara internal, maupun eksternal selama beberapa tahun terakhir.
  2. Ada dua factor yang menjadi indicator penting yang akan menentukan keberhasilan dalam melakukan bisnis biro perjalanan wisata baik di tanah air maupun di luar negeri, selain dua factor internal dan eksternal lainnya yang perlu diperhatikan oleh para pelaku yang bergerak pada bisnis biro perjalanan wisata. Kedua factor tersebut meliputi pergerakan wisatawan dan kondisi industry pariwisata yang stabil, baik di tanah air maupun di luar negeri. Kedua factor ini memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya dan akan menentukan keberhasilan dan keberlangsungan bisnis jasa wisata ini.
  3. Keamanan dan kenyamanan (pencitraan positif), dorongan atau motivasi wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata ke berbagai tempat serta penyediaan berbagai komponen industri pariwisata (supply side) meliputi sarana/prasarana transportasi, promosi, atraksi, akomodasi, biro perjalanan, restaurant, tour operator, pramuwisata dan souvenir wisata lainnya akan menjamin terjadinya pergerakan wisatawan dan stabilitas industry pariwisata (push factor).
  4. Selain dua factor yang telah disebutkan tadi, factor internal dan eksternal juga perlu mendapat perhatian serius dengan terus mengkedepankan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) dan berfikir kreatif yang berorientasi pad ide, kreatifitas dan inovasi dalam rangka mengembangkan produk-produk industry yang memiliki nilai tambah yang bersifat khas, kekinian dan menarik dalam kontek pengembangan bisnis biro perjalanan wisata andalan masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar